Minggu, 06 Februari 2011

Pentingnya Kesehatan

Topik blog kali ini saya fokuskan kesehatan. Kesehatan mempunyai kedudukan yang penting di Islam, sebgai modal utama untuk dalam menjalani kehidupan, sebagaimana sabda Nabi, "Mintalah kesehatan, sebab seseorang tidak diberikan setelah keimanan, yang lebih baik dari kesehatan."

Dengan memiliki mata dan tangan, saya bisa mencari karunia Allah di dunia ini, bayangkan saja jika seseorang meski berilmu, namun tidak bisa melihat atau tidak mempunyai tangan. Menurut kalian, bisa kerja? Dibank mungkin atau jadi programmer yang harus ngetik dan melihat? jadi PNS? Masuk polri aja syarat tidak berkacamata dan tinggi minimal 160 (agak lupa), apalagi yang cacat, sakit-sakitan. 

Banyak orang-orang saya perhatikan merasa sedih/rendah hati karena kurang dalam hal akademis, padahal keberhasilan juga bisa dicapai dengan modal  lain seperti kemampuan berkomunikasi, silaturahmi, penampilan yang baik serta ketekunan.Allah memberi karunia yang banyak pada diri manusia sedang manusia tidak mengetahui.


Hal lain yang ingin saya komentari dari muslim adalah pentingnya penampilan. Dengan dalih ingin zuhud akan dunia (hidup sederhana), seseorang kadang tampil tidak bersih dan acak-acakan. Atau membaca cerita-cerita orang sufi pada jaman dahulu yang hidup di dunia dengan seadanya, sedikit tidur di waktu malam untuk beribadah setiap hari, berpuasa sepanjang waktu yang tentu ini tidak dicontohkan oleh Nabi. Berbuat hal-hal yang berlebihan itu tidak baik. 

Seseorang harus memperhatikan hak-hak tubuhnya untuk istirahat tidur, memperhatikan makanannya agar bergizi dan tidak berlebihan, olahraga dan puasa untuk mengontrol kesehatan agar penampilan mereka tetap baik, bisa berusia lebih panjang sehingga dapat lebih banyak beribadah, memperhatikan hak-hak orang yang dalam pengawasannya seperti istri, anak, orang tua, bahkan tetangga juga mempunyai hak atas kita. Kita tidak hidup soliter. Hidup sekarang ini perlu biaya, jangankan untuk cari makan, minum cuman mau buang hajat di tempat-tempat umum aja kita perlu ke toilet dan kadang bayar minimal Rp.1000,-.

Nabi melarang kita untuk berusaha melebihi kemampuan kita, yang pada gilirannya akan mengakibatkan seseorang akan mencela dirinya sendiri. (lupa referensinya, nanti saya tulis).  Mengenai kesehatan dalam Islam, seseorang harus memperhatikan 5 hal: Kebersihan, makanan dan minuman, tidur, olahraga dan hubungan seksual (bagi yang telah menikah) yang akan dibahas pada blog tersendiri. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

arik mengatakan...

syukuri apa yang kita dapatkan, yang penting selalu berusah dengan semaksimal mungkin.Banyak orang lain yang tidak lebih mampu dari kita.

jadi jalani hidup ini dengan bersyukur

Gusi Merah mengatakan...

sehat memang anugerah yang sangat pantas untuk disyukuri, karena sehat, kita dapat melakukan segal aktivitas, coba bayangkan jika harus beraktivitas pada saat anda sedang sakit...pasti hasilnya tidak maksimal

Posting Komentar