Selasa, 24 Mei 2011

Arsitektur database Oracle



Gambar: Arsitektur Oracle (gambar hak cipta Julie Johnson)


Berbicara tentang database oracle, sebenarnya ada 2 bagian besar yang harus dipahami, yaitu:
  • Instance = Background process + Memory Structure (RAM dan swap memory) yang berwarna merah dan hijau.
  • Database = Physical structure yaitu file-file di harddisk komputer, biasa disebut datafile; berisi data-data transaksi  yang tersimpan dan digambarkan berwarna biru.


Memory structure adalah area penyimpanan data sementara pada memory untuk mempercepat pemrosesan data dan keperluan khusus lainnya. Memory structure lebih sering disebut System Global Area (SGA), dan terdapat 2 bagian utama didalamnya, yaitu:
  • Bagian Primer (warna merah) adalah buffer cache, log buffer & share pool
  • Bagian Sekunder (warna hijau) seperti large pool, large pool, keep pool, dsb.

Background Process (BP) adalah program-program/threads yang tidak terlihat (mirip kerja virus atau antivirus yang kerjanya tidak terlihat secara visual), untuk mengatur pemrosesan data baik di memory structure dan file database di harddisk agar beroperasi dengan baik.


Memory structure / SGA - Primer
  • Buffer cache berisi data block dengan ukuran tertentu, defaultnya 8kb, yang digunakan untuk menyimpan hasil update sebelum ditulis ke datafile, ketika user mengakses data dari data block yg sama, maka akan diambil dari buffer cache, bukan diambil dari datafile. Buffer cache melakukan proses read write dilakukan pada memory (arus electric) bukan I/O (piringan harddisk) untuk meningkatkan performance database oracle.
  • Log Buffer digunakan untuk mencatat segala perubahan data ke dalam redo log untuk keperluan recovery jika sebelumnya mungkin database ada kerusakan; yaitu  proses apply/update data terakhir pada datafile sebelum online kembali.
  • Shared Pool berisi SQL statement yang diakses berkali-kali. Selain itu berisi informasi data dictionary seperti nama-nama tables, index, user untuk meningkatkan performance database oracle karena data diambil dari memory (arus electrical), bukan dari I/O (piringan harddisk).
Bersambung . . .

2 komentar:

Astria mengatakan...

Pagi,

Kenalkan saya Astria, sedang belajar data mining pada oracle. Kl ga keberatan saya minta ilmunya dari Pak Juniar


Salam,
Astria

Unknown mengatakan...

Saya kalo ada waktu aja nulis dik, adanya hanya materi-materi ini saja, krn saya ga ada waktu banyak. Buku oracle kan juga banyak di Gramedia sekarang. Apalagi sekarang da oracle 11g. Saya sendiri biasanya pakai 9i dan 10g.

Posting Komentar